Senin, 26 Oktober 2009

Cat Tenaga Surya

Tinta silikon, cat tenaga surya

Sekretaris bagian energi Amerika Serikat (AS), Steven Chu suatu saat menyarankan agar memulai mengecat atap dengan warna putih untuk memerangi perubahan iklim. Sekarang, sudah tersedia juga cat untuk mengumpulkan energi matahari lho! Cat itu dinamakan cat silikon. Seperti yang dikutip dari cnet.com, U.S. National Renewable Energy Laboratory mengatakan bahwa penggunaan teknologi sel tenaga surya ini menunjukkan catatan efisiensi konversi sebanyak 18 persen. Hasil ini telah diverifikasi kebenarannya oleh The Fraunhofer Institute di Jerman.

Innovalight Inc. bekerja sama dengan JA Solar Holdings Limited untuk memperdagangkan generasi berikutnya dari penangkap sinar matahari dengan memakai tinta (karena silikon secara kimia dapat dirubah menjadi likuid/cairan). Tidak seperti perusahaan lain yang memproses silikon sebagai material solid atau gas, Innovalight menggunakan cara baru ini (silikon dalam bentuk cair). Daripada membuat dan menjual panel sel surya, Innovalight merubah strateginya dalam 9 bulan terakhir ini untuk fokus membuat tinta silikon, kata Conrad Burke, CEO Innovalight. Teknologi ini dijual kepada perusahaan-perusahaan pembuat sel surya.

Innovalight mengatakan hasil proses adalah sangat efisien menghasilkan sel surya ultra tipis, waktu produksi lebih cepat dua kali lipat dibandingkan dengan teknologi konvensional.

sumber : erabaru.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar